Senin, 29 Oktober 2012

Tentang Imam Abu Hanifah (80 - 150H/699 - 767M)

 Imam Abu Hanifah, pendiri madzhab hanafi, adalah Abu Hanifah An-Nukman bin Tsabit bin Zufi At-Tamimi. Beliau masih mempunyai pertalian hubungan kekeluargaan dengan Imam Ali bin Abi Thalib ra. Imam Ali bahkan pernah berdoa bagi Tsabit, yakni agar Allah SWT memberkahi keturunannya. Tak heran, jika kemudian dari keturunan Tsabit ini muncul seorang Ulama besar seperti  Imam Abu Hanifah.

Dilahirkan di Kuffah pada Tahun 699M, pada masa pemerintahan Al-Qalid bin Abdul Malik, Abu Hanifah selanjutnya menghabiskan masa kecil dan tumbuh menjadi dewasa disana. sejak masih kanak-kanak beliau mengkaji dan menghafal al-qur'an. Beliau dengan tekun senantiasa mengulang-ulang bacaannya, sehingga  ayat-ayat suci itu tetap terjaga dengan baik dalam ingatannya, sekaligus menjadikan beliau lebih mendalami makna yang dikandung ayat-ayat tersebut. Dalam hal memperdalam pengetahuanya tentang al-qur'an beliau sempat berguru kepada Imam Asin, seorang Ulama terkenal pada masa itu.

Selain memperdalam Al-Qur'an, beliau juga aktif mempelajari ilmu fiqih. Dalam hal ini kalangan sahabat Rasul, diantaranya kepada Anas bin Malik, Abdullah bin Aufa dan Abu Tufail Amir, dan lain sebagainya. Dari mereka, beliau juga mendalami ilmu Hadits.

Keluarga  Imam Abu Hanifah sebenarnya adalah keluarga pedagang. Beliau sendiri sempat terlibat dalam usaha perdagangan, namun hanya sebentar sebelum beliau memusatkan perhatian kepada soal-soal keilmuan.

Beliau juga dikenal sebagai orang yang sangat tekun dalam mempelajari ilmu. Sebagai gambaran, beliau pernah belajar Fiqih kepada Ulama yang paling terpandang pada masa itu, yaitu Humad bin Abu Sulaiman. tidak kurang dari 18 tahun lamanya. setelah wafat guru-gurunya,  Imam Abu Hanifah kemudian memulai mengajar dibanyak majlis ilmu di Kuffah.

Semasa hidupnya,  Imam Abu Hanifah dikenal sebagai seorang yang sangat dalam ilmunya, ahli zuhud, sangat tawadhu' dan sangat teguh memegang ajaran agama. Beliau tidak tertarik kepada jabatan resmi kenegaraan, sehingga beliau pernah menolak tawaran sebagai hakim (Qadhi) yang ditawarkan oleh Al-Mansyur. Konon, karena penolakannya itu beliau kemudian dipenjarakan hingga ahir hayatnya.

 Imam Abu Hanifah wafat pada tahun 150H/767M, pada usia 70 tahun. Beliau dimakamkan di pekuburan Khizra. pada tahun 450H/1066M, didirikanlah sebuah sekolah yang diberi nama Jami' Abu Hanifah.

Sepeninggal beliau, ajaran dan ilmunya tetap tersebar melalui murid-muridnya yang cukup banyak. diantara murid  Imam Abu Hanifah yang terkenal adalah Abu Yusuf, Abdullah bin Mubarak, Waki' bin Jarah Ibn Hasan Al-Syaibani, dan lain-lain. Sedang diantara kitab-kitab  Imam Abu Hanifah adalah Al-Musuan (kitab hadits, dikumpulkan oleh muridnya), al-Makharij (buku ini dinisbahkan kepada  Imam Abu Hanifah, diriwayatkan oleh Abu Yusuf),  dan Fiqih Akbar (Kitab Fiqih yang Lengkap).


Sumber : Fiqih Lima Madzhab - Muhammad Jawad Mughniyah - (Edisi Lengkap)

2 komentar:

  1. gan...blognya sudah saya follow yaitu follower ke 14...di tunggu follow backnya ya gan...
    salam dari dunia chayoy...
    http://chayoy.blogspot.com/

    BalasHapus