Sabtu, 13 Oktober 2012

Durhaka Kepada Kedua Orang Tua = Dosa Besar

Berhati-hatilah kawan, kita jangan sampai durhaka kepada kedua orang tua, karena durhaka merupakan salah satu dosa besar.

Dari Abu Bakrah ra. Berkata : Rasulullah SAW bersabda :
Berbuat syirik kepada Allah membunuh jiwa dan durhaka kepada kedua orang tua.” Kemudian beliau mengatakan : “maukah aku beritahukan kepada kalian dosa-dosa besar yang paling besar?” beliau mengatakan: “Perkataan Palsu” atau “Persaksian Palsu.” Syu’bah berkata : Dugaanku yang paling kuat adalah bahwa beliau mengatakan “Persaksian Palsu.”(HR. Bukhari dan Muslim)

Durhaka kepada kedua orang tua merupakan dosa besar setelah perbuatan Syirik Kepada Allah SWT, begitu sebaliknya berbakti kepada kedua orang tua diperintahkan setelah Perintah Bertauhid.

Seorang ibu adalah orang yang paling agung dan juga seorang yang lemah, barangsiapa menyakiti orang lemah hukumnya lebih berat. Berbuat durhaka kepada ibu lebih dikhususkan dan lebih diharamkan. Sebagaimana Sabda Nabi :

“Sesungguhnya Allah SWT mengharamkan atas kalian berbuat durka kepada Ibu, mengubur anak-anak wanita, menolak hak yang menjadi kewajibanya dan meminta apa yang bukan menjadi haknya, dan Allah membenci kalian banyak menceritakan omongan orang, banyak bertanya dan menyianyiakan harta.” (HR. Bukhari)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar